Keutamaan Bulan Sya'ban - Nah, kali ini kita akan membahas tentang bulan Sya’ban yang tinggal bebera hari lagi akan kita sambut kedatangannya. Agar jangan kelupaan dan kita tidak kehilangan kesempatan, mari kita simak secara singkat tentang Keutamaan Bulan Sya’ban berikut ini.

Dinamakan Bulan sya’ban karena disana amat banyak kebaikan. Sya’ban diambil dari lafadz “Asyi’bi” yang disebut jalan menuju gunung, dan inilah yang disebut jalan menuju kebaikan.

Diriwayatkan melalui Abu Umamah Al Bahili ra, bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bersabda: “Bilamana datang bulan sya’ban , maka bersihkan dirimu dan perbaiki niatmu.” Aisyah ra berkata (dalam shahehaini): “Aku belum pernah melihat Nabi SAW menyempurnakan puasanya sebulan kecuali bulan ramadhan, dan akupun belum pernah melihat beliau berpuasa sebulan lebih kecuali berpuasa bulan sya’ban.

Sesungguhnya para malaikat di langit memiliki dua malam hari raya, sebagimana orang-orang islam di bumi punya dua malam hari raya. Hari raya para malaikat adalah malam “kebebasan”, yaitu malam Nishfu Sya’ban dan malam Lailatul Qadar. Sedangkan hari rayanya orang-orang mukmin ialah Idul Fitri dan Iul Adha.

Beberapa pendapat tentang Nisfu Sya’ban sbb:

Imam Subki, menuturkan dalam tafsirnya; “Sesungguhnya malam Nisfu Sya’ban bisa menutup dosa-dosa setahun, malam jum’at bisa menutup dosa seumur hidup. Maksudnya dengan menghidupkan malam-malam tersebut dengan ibadah.”

Imam Mundzir, meriwayatkan; “Barang siapa yang menghidupkan dua malam dan malam Nisfu Sya’ban, maka hatinya tidak akan mati di saat semua hati mati.” Katanya lagi ; malam tersebut disebut malam “Syafa’at,” sebab Nabi SAW pada malam 13 memintakan syafa’at untuk umatnya kepada Allah SWT, dan Allah memberikan sepertiga. Kemudian beliau meminta lagi pada malam ke-14, dan Allah memberikan seluruhnya, kecuali orang-orang yang lari dari Allah SWT seperti larinya unta, yakni lari menjauhi Allah Ta’ala dengan berbuat durhaka.

Imam Ahmad, nisfu sya’ban bisa disebut malam “maghfiroh /pengampunan”, diriwayatkan bahwa Nabi saw pernah bersabda ; ”Sesungguhnya Allah Ta’ala menampakkan pada hamba-hamba-Nya dimalam nisfu Sya’ban, lalu mengampuni semua penduduk bumi kecuali dua orang pria ; yakni orang Musyrik dan orang Pendendam.”(sumber: rahasia ketajaman mata hati ~ Imam Ghazali)

Gambar Datok Aghas Hijaoe Terima kasih sudah membaca “Keutamaan Bulan Sya'ban”, jika sahabat sudah selesai membaca informasi ini, sahabat masih bisa mendapatkan berbagai informasi lainnya di Jambogh Kita. Pastikan sahabat telah menyimpan url (http://www.jamboghkita.com/2011/06/bulan-syaban.html) ini sebelum mendapatkan informasi lainnya melalui kotak penelusuran Jambogh Kita berikut ini :

* Gunakan Browser Google Chrome

0 komentar:

Posting Komentar

Dilarang Menyematkan Link Aktif . . .! , Silakan Berkomentar Sesuai "Topik" Dengan Baik Dan Benar (No Porno dan SARA) ya.


Terima Kasih

 
AGHAS HIJAOE © 2016. All Rights Reserved
Template by Blogger Theme
Powered by Blogger
Top