Diabetes
Gejala Awal Diabetes Melitus ~ Bagaimana cara mendeteksi  Diabetes? Gejala awal diabetes adalah penderita merasa lemas, tidak bertenaga, ingin makan yang manis, sering buang air kecil, dan mudah sekali merasa haus. Kombinasi dari gejala-gejala tersebut terkadang orang diharuskan menjalani test Toleransi Glukosa. Pada tes toleransi glukosa terlebih dahulu diberi minum larutan gula kemudian baru kadar glukosanya diukur pada tiap interval waktu.

Diabetes Melitus adalah penyakit yang disebabkan oleh kelainan hormon yang mengakibatkan sel-sel dalam tubuh kita tidak dapat menyerap glukosa dari darah. 

Penyakit ini timbul ketika di dalam darah tidak terdapat cukup insulin atau ketika sel-sel tubuh tidak dapat bereaksi secara normal terhadap insulin dalam darah. Pada kedua hal tersebut, sel-sel tubuh tidak mendapat cukup glukosa dari darah sehingga kekurangan energi dan akhirnya terjadi pembakaran cadangan lemak dan protein tubuh.

Sementara itu sistem pencernaan tetap dapat menyerap glukosa dari makanan sehingga kadar glukosa dalam darah menjadi sangat tinggi dan akhirnya diekskresi bersama urin. Penderita Diabetes  mellitus dapat meninggal karena penyakit yang dideritanya atau karena komplikasi yang ditimbulkan oleh penyakit ini, misalnya penyakit ginjal, gangguan jantung, dan gangguan saraf.

Diabetes Mellitus bukan merupakan satu-satunya penyakit yang ditimbulkan oleh insulin. Beberapa orang memiliki sel-sel beta pangkreas yang terlalu aktif sehingga mensekskresikan terlalu banyak insulin ketika mengkonsumsi gula. Sebagai akibatnya kadar glukosa dapat turun di bawah normal, kondisi ini disebut hipoglisemia, biasanya terjadi 2 sampai 4 jam setelah makan, yang ditandai dengan rasa lapar, lemas, berkeringat dan gelisah. Pada beberapa kasus, otak tidak mendapat cukup glukosa sehingga penderita dapat menjadi pingsan, koma, bahkan meninggal. Hipoglisemia tidak lazim ditemukan dan kebanyakan dapat dikontrol dengan meningkatkan frekuensi makan yang lebih sering dan dalam jumlah kecil.

Ada dua macam tipe diabetes mellitus:
1.  Insulin dependent, merupakan diabetes yang ditimbulkan akibat dari kerusakan sel-sel beta pangkreas karena infeksi virus atau kerusakan gen. Gen adalah materi genetic yang membawa sifat-sifat yang diturunkan. Diabetes tipe pertama ini biasanya muncul sebelum penderita berusia 15 tahun, penderita membutuhkan suplemen insulin yang diberikan dengan cara penyuntikan.
2.   Diabetes melitus tipe II timbul karena sel-sel tubuh tidak mampu bereaksi terhadap insulin walaupun sel-sel beta pangkreas memproduksi cukup insulin. Penyakit ini bersifat menurun dan merupakan akibat kerusakan gen yang mengkode reseptor insulin pada sel. Biasanya tipe ini berasosiasi dengan kegemulan dan baru timbul setelah penderita berusia lebih dari 40 tahun.

Penyakit ini dapat dikontrol dengan pengaturan konsumsi gula, karbohydrat, makanan yang mengandung serat dan mengurangi berat badan, selain itu dianjurkan untuk mengonsumsi lemak dan garam sesuai kebutuhan tubuh.
 
AGHAS HIJAOE © 2016. All Rights Reserved
Template by Blogger Theme
Powered by Blogger
Top