Manfaat SeratApa Itu Serat? - Serat adalah karbohidrat kompleks yang tidak bisa dicerna oleh tubuh manusia. Dengan adanya manfaat serat di dalam makanan, sistem pembuangan akan menjadi teratur karena kotoran menjadi lebih lunak dan volumenya lebih besar sehingga dapat meninggalkan saluran pencernaan dengan lebih lancar. Umumnya terdapat dalam bahan makanan nabati yang terbagi menjadi 2 golongan besar :

  1. Serat larut air
  2. Serat tidak larut air

Kombinasi keduanya ada dalam makanan, biasanya serat di dalam tubuh yang tidak larut air lebih dominan.

Jenis-Jenis serat

1. Serat larut air :
Serat yang larut dalam air hingga membentuk gel dengan cara menyerap air. Fungsi utamanya :
  • Meningkatkan pergerakan usus dan mempercepat waktu transit makanan,
  • Memberikan perasaan kenyang, menunda rasa lapar
  • Mengikat asam empedu dan lemak, mengurangi resiko penyakit jantung
  • Memperlambat metabolisme glukosa, menurunkan resiko diabetes
  • Mumber : biji-bijian, sayuran tunas, polong, agar-agar, jagung, havermuth

2. Serat tidak larut air :
Serat yang tidak larut dalam air namun mampu menyerap air. Fungsi utamanya :
  • Mempercepat waktu transit makanan dengan meningkatkan berat dan volume tinja
  • Memperlancar buang air besar
  • Memberikan perasaan kenyang
  • Mengurangi resiko wasir, divertikulitis dan kanker usus
  • Sumber : bekatul, beras merah, gandung, sayuran, buah-buahan

Resiko kurang serat :

Jika tubuh kita sampai kekurangan serat, maka akan mudah diserang oleh berbagai penyakit sbb:

  1. Sulit buang air besar : feces keras dan kering
  2. Wasir : pendarahan pada otot sekitar anus
  3. Kegemukan : penyerapan lemak dan gula, serta perasaan cepat lapar
  4. Penyakit jantung koroner dan stroke : kolesterol meningkat
  5. Kanker usus : kontak usus dengan bahan karsinogen
Apakah Serat Itu?


Serat sangat bermanfaat dan penting bagi tubuh karena serat tersebut tidak bisa dicerna sehingga :

1. Mempercepat waktu transit makanan :
  • Bahan pencemar dan zat racun cepat terbuang
  • Mengurangi penyerapan gula, mengurangi resiko diabetes
  • Mengurangi penyerapan lemak,
2. Membantu memelihara kesehatan pencernaan
  • Membantu pertumbuhan bakteri menguntungkan
  • Menghasilkan feces yang lunak dan berat sehingga mudah dibuang, mencegah wasir dan konstipasi
3. Menimbulkan rasa kenyang :
  • Membentuk gel dan menyerap air
  • Membantu diet bagi yang ingin menurunkan berat badan atau karena faktor penyakit
4. Mengikat asam empedu :
  • Asam empedu dibuat dari bahan kolesterol
  • Cadangan atau timbunan kolesterol akan dirombak menggantikan asam empedu yang terbuang

0 komentar:

Posting Komentar

Dilarang Menyematkan Link Aktif . . .! , Silakan Berkomentar Sesuai "Topik" Dengan Baik Dan Benar (No Porno dan SARA) ya.


Terima Kasih

 
AGHAS HIJAOE © 2016. All Rights Reserved
Template by Blogger Theme
Powered by Blogger
Top