Detoksifikasi Tubuh Secara Alami - Detoksifikasi adalah proses fisiologis yg biasanya terjadi secara alami dimana tubuh kita mengeluarkan racun yg terakumulasi di dalam tubuh kita. Terkadang tubuh kita tidak mampu membuang semua racun tersebut secara alami. Saat itulah diet detoks dianjurkan untuk memberikan tubuh istirahat yang dibutuhkan dari rutinitas akibat terlau banyak bekerja, sehingga memungkinkan tubuh untuk membuang limbah dengan lebih efektif & dapat menyerap nutrisi dengan lebih baik. Jika kita berencana untuk membersihkan dan mengembalikan keseimbangan tubuh, kita harus mengkonsumsi 8 jenis makanan yg dapat menjaga kesehatan kita melalui proses detoksifikasi alami.

Silakan terus membaca artikel ini agar kita mendapatkan informasi-informasi penting yg bermanfaat bagi kesehatan kita:

1. Sayuran Mentah
Wortel, bawang, asparagus, brokoli, artichoke, kangkung, kubis, kembang kol, kubis brussel & bit merupakan beberapa sekutu terbaik dalam upaya kita melakukan detoksifikasi tubuh secara alami. Bila dimakan secara mentah, makanan ini kaya gluthathione alami dan belerang, membantu hati untuk membersihkan bahan kimia berbahaya & racun dalam tubuh kita.

2. Buah-Buahan
Tubuh kita mampu mencerna buah-buahan dengan sangat mudah. Untuk alasan tersebut, buah-buahan termasuk makanan yg mendetoksi tubuh kita  secara alami. Buah-buahan menyediakan vitamin & mineral bagi tubuh kita, belum termasuk serat dan anti oksidan yg terkandung di dalamnya. Selain itu dengan kandungan air yg kaya, buah-buahan berhasil membantu tubuh kita dalam membilas racun berbahaya sehingga kesehatan kita tetap terjaga.

3. Buah Jeruk
Vitamin C memainkan peranan penting dalam pembersihan & detoksifikasi karena memiliki kemampuan untuk mengubah racun menjadi materi yg dapat dicerna, memungkinkan materi tersebut melewati tubuh kita dengan mudah. Sesuai informasi-informasi yang kita ketahui, jeruk, lemon & limau kaya akan vitamin C & bisa langsung memulai proses pencernaan dan membantu dalam proses enzimatik. Untuk mendapatkan manfaat lebih, mulailah hari  kita dengan segelas air hangat yg dicampur dengan setengah remasan lemon ke dalamnya.

4. Makanan Hijau
Pernahkah  kita mendengar informasi tentang klorofil – bahan kimia yg membantu proses fotosintesis untuk tanaman? Ternyata klorofil sama bermanfaatnya bagi tubuh  kita; seperti untuk tanaman yang melawan racun lingkungan seperti pestisida, herbisida, logam berat, produk pembersih, & kabut. Klorofil banyak tergantung di barley, ganggang hijau, kangkung, wheatgrass, spirulina, bayam, lobak, alfalfa dan arugula, yang terkenal karena kandungan klorofilnya yang tinggi, sehingga menjadikannya bahan makanan penting bagi kesehatan sebagai detoksi alami tubuh kita.

5. Teh Hijau
Teh hijau Cina kaya akan katekin – antioksidan yg meningkatkan fungsi hati. Minumlah beberapa cangkir teh hijau sepanjang hari dan  kita akan bisa melihat perbedaannya dalam waktu yg relatif singkat.

6. Minyak Omega-3
Makanan dengan minyak omega-3 juga dianggap sebagai bahan penting yg dapat mendetoksi tubuh kita secara alami. Saat melakukan diet detoks, gunakan zaitun, rami, alpukat maupun minyak biji rami untuk memasak makanan  kita. Minyak ini kaya akan sumber Omega-3 yg melumasi dinding usus, menyebabkan penyerapan racun menjadi lebih efisien & dapat dieliminasi oleh tubuh kita.

7. Bawang Putih
Bawang putih merupakan salah satu makanan yg paling kuat untuk mendetoksifikasi tubuh kita secara alami. Bawang putih merangsang hati untuk memproduksi enzim yg membantu proses detoksifikasi, menjadi penyaring racun dalam sistem pencernaan. Tambahkan beberapa siung bawang putih ke dalam setiap hidangan yg kita buat dan secara diam-diam bawang putih akan bereaksi dengan tenang untuk membersihkan tubuh  kita .

8. Kacang Dan Biji-Bijian
Umumnya selama periode detoksifikasi,  kita diminta untuk sering mengkonsumsi mentega kacang & sejenisnya yg bermanfaat bagi kesehatan kita. Kita juga dapat menyertakan kacang-kacangan dan biji-bijian ke dalam diet  kita. Berhati-hatilah untuk memilih jenis yg mudah dicerna, seperti biji rami, biji chia, biji labu, biji wijen, biji rami, biji bunga matahari, kenari, almond, dan kacang-kacangan siberian cedar.

Kita semua memiliki kesibukan dalam menjalani hidup, namun kesibukan hanya akan menjadi alasan terburuk yg  kita miliki untuk mengabaikan pemeliharaan kesehatan  kita. Jika uang, kesuksesan kerja, dan kebahagiaan personal hanya dapat  kita  nikmati beberapa waktu lamanya, tubuh  kita akan selalu setia sampai hari terakhir hidup  kita Kita  perlu merawat tubuh  kita  dengan penuh kasih, sesekali melakukan diet detoks untuk menjaga kesehatan kita agar fungsi organ tetap berfungsi sesuai jalurnya.(sumber: allwomenstalk)
 
AGHAS HIJAOE © 2016. All Rights Reserved
Template by Blogger Theme
Powered by Blogger
Top