Hipertensi atau lebih dikenal dengan tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang berkaitan dengan tingginya kerja jantung untuk memompa darah. Hal ini biasanya ditandai dengan kepala pusing dan sakit pada tengkuk bagian kepala
belakang. Penyempitan pembuluh darah akibat banyaknya timbunan lemak dalam pembuluh, ditambah tingginya kadar garam dalam darah merupakan penyebab utama tekanan darah tinggi ini. Bila tidak ditangani dengan benar, maka hipertensi bisa berlanjut menjadi stroke akibat pecahnya pembulu darah di otak sehingga tubuh bisa lumpuh sebelah.

Selain itu, penyakit tertentu dapat menimbulkan hipertensi seperti penyakit endrokrin, penyakit hati, dan penyakit ginjal. Karena itu hipertensi dapat di atasi bila penyakit tersebut diobati. Penyakit hipertensi dapat diketahui dengan cara memeriksa tekanan darah ke dokter atau perawat di rumah sakit maupun puskesmas. Pembacaan tekanan darah ada dua yaitu:
  1. Tekanan darah atas yang berhubungan dengan volume pacu jantung.
  2. Tekanan darah bawah berhubungan dengan ukuran kekuatan tahanan perifer.
Hipertensi ringan terjadi bila tekanan darah atas mencapai angka 140-160 mm Hg, dan tekanan darah bawah 90 -104 mm Hg. Di atas angka tersebut berarti masuk katagori hipertensi berat. Sedangkan tekanan darah normal berkisar antara 110 - 120 mmHg (untuk atas) dan 70- 80 mmHg (untuk bawah). Di bawah standar angka tersebut berarti termasuk katagori hipotensi atau tekanan darah rendah. Kegemukan (obesitas) sangat identik dengan hipertensi, namun tidak menutup kemungkinan pula orang yang badannya kurus mengidap penyakit tersebut.

Oleh karana itu penderita hipertensi, maupun yang beresiko hipertensi agar mengontrol Berat Badannya. Yaitu, dengan mengupayakan mengurangi makanan mengandung karbohidrat, makanan berlemak, makanan berminyak atau bersantan kental, dan makan yang manis-manis, serta makan daging. Pengurangan makanan ini dapat diimbangi dengan banyak meng-konsumsi sayuran dan buah. Cara mengontrol berat badan tersebut harus terlebih dulu mengetahui berat badan sehat kita, yaitu Berat badan sehat : Tinggi Badan dalam cm – 100 cm = KG Berat Badan sehat.

Kemudian hipertensi juga identik dengan kebiasaan banyak makan yang asin-asin seperti ikan asin. Terlebih pada usia lanjut fungsi pengecap rasa asin pada lidah sudah jauh menurun, sehingga bagi orang normal makanan sudah terasa asin, namun bagi mereka belum asin. Karena itu kebanyakan penyakit hipertensi juga di-idap para usia lanjut. Secara normal, ginjal mampu mengatur kadar garam melalui hormon atrial natrium, tapi masalahnya kalau kadar garam tersebut sudah terlalu banyak, maka hormon tersebut tak mampu lagi mengaturnya. Hal ini berdampak pada makin cepatnya kerja jantung memompa darah itu berarti tekanan darah jadi naik.

Berdasarkan penelitian mineral potasium yang banyak terkandung dalam sayuran dan buah-buahan dapat mencegah hipertensi. Pengaruh makan sayuran dan buah – buahan tersebut dapat memperlebar pembuluh darah arteri. Namun untuk mencegah hipertensi harus dibarengi dengan pengurangan makan makanan yang mengandung garam tinggi. Banyak minum air putih merupakan salah satu solusi yang harus dibiasakan agar kerja jantung jadi ringan. Dengan banyak minum air putih, darah menjadi encer sehingga jantung tidak memompa darah dengan keras untuk mendistribusikan darah ke seluruh bagian tubuh.

Kalau darah kental, maka jantung harus memompa darah lebih kuat supaya darah sampai ke bagian tubuh tersebut. Prinsip kerjanya, apabila jantung memompa darah dengan ringan maka tekanan darah jadi normal. Sedangkan, jika jantung harus memompa darah dengan kuat, tekanan darah kita jadi tinggi atau hipertensi. Sehingga dengan demikian diharapkan kita dapat mengurangi bahkan menghindari (bagi penderita hipertensi) penyebab kerja jantung jadi cepat, dan memakan makanan yang dapat menurunkan tekanan darah jadi normal.

0 komentar:

Posting Komentar

Dilarang Menyematkan Link Aktif . . .! , Silakan Berkomentar Sesuai "Topik" Dengan Baik Dan Benar (No Porno dan SARA) ya.


Terima Kasih

 
AGHAS HIJAOE © 2016. All Rights Reserved
Template by Blogger Theme
Powered by Blogger
Top