KEUTAMAAN MALAM LAILATUL QADAR
Keutamaan Malam Lailatul Qadar - Diriwayatkan: melalui Ibnu abbas ra. Bahwa pernah diterangkan kepada Nabi saw mengenai seorang pria dari bani Israil yang berjuang di jalan Allah selama 1.000 bulan. Rasulullah saw kagum mendengarnya dan ia berharap bisa terjdi pada umatnya. Lalu beliau saw bersabda: “Ya Tuhan, Engkau telah menjadikan umatku yang sedikit ini dan paling pendek umurnya serta paling sedikit amalnya……” Maka Allah memberikan malam lailatul qadar Yang lebih baik dari pada 1.000 bulan untuk umatnya di hari kiamat, seperti lamanya pria bani Israil yang berjuang di jalan Allah.

Jadi mereka adalah termasuk istimewa-istimewanya umat. Ada yang berkata: “Nama lelaki yang dimaksud adalah syam’un. Dia menerangi musuh selama 1000 bulan, pelana kudanya tak pernah terkalahkan oleh orang-orang kafir berkat kekuatan dan keberanian yang diberikan oleh Allah, dan hati orang kafir sampai ketakutan. Orang kafir mengutus utusan untuk menemui istri syam’un, memenjarakan dalam rumah sehingga hati orang-orang kafir tenang. Dan ketika syam’un tidur di suatu malam, si wanita mengikatnya, dia menggeliat bangun dan menggerakan tubuhnya sampai memutuskan tali ikatanya. Ia bertanya pada istrinya: ”Mengapa kamu melakukan ini.” Jawab sang istri: ”Aku hanya menguji kekuatanmu.”

Berita ini sampai kepada orang kafir, maka merekapun mengirim rantai kepada seorang wanita, lalu ia mengerjakan seperti sebelumnya, namun si syam’un mampu memutuskan.

Lantas iblis datang kepada orang-orang kafir dan menunjukan: dimana sang istri harus bertanya kepada suaminya : “Benda apakah yang tidak mungkin sanggup dia mematahkan!” Mereka mengutus dan dia bertanya. Lalu syam’un menjawab : “Beberapa gombak (gelung)-ku ini.”
       
Syam’un punya delapan gelung panjang yang bisa ditarik sampai ke tanah. Ketika syam’un tidur, si istri mengikat dua kaki nya dengan empat gelung dan mengikat kedua tangannya dengan empat gelung. Lalu orang-orang kafir pun menangkapnya dan dibawa ke rumah jagal. Rumah itu tingginya 400 dziro’, bangunannya amat luas dan hanya satu tiang. Mereka memotong dua telinga dan dua bibir syam’un. Kemudian Syam’un minta kekuatan kepada Allah agar bisa melepaskan ikatannya dan mampu merobohkan tiang sampai merobohi mereka. Dan Allah memberikan kekuatan padanya: dia mampu melepas ikatan dan merobohkan tiang, maka semua atap menjatuhi mereka, membinasakan mereka, sedangkan Syam’un selamat.

Para sahabat mendengar kisah ini, lalu mereka bertanya  “Ya rasul apakah kami mampu menyamai pahala syam’un  !” Sabda Nabi saw:”Aku tidak tahu” Lalu beliau saw meminta kepada Allah, dan Dia memberikan  malam lailatul qadar sebagaimana keterangan di atas.

Dari Annas ra. Bahwa nabi saw bersabda; “Bilamana datang malam lailatul qadar, maka turunlah rombongan malaikat dipimpin jibril. Mereka mengucapkan shalawat salam kepada hamba yang beribadah atau tunduk dan ber-dzikir kepada allah SWT.”

Abu Hurairah ra. Berkata:”Para malaikat turun ke bumi pada malam lailatul qadar lebih banyak dari pada batu krikil.”

KEUTAMAAN MALAM LAILATUL QADAR
Dari Umar ra. Bahwa nabi saw bersabda:”Barangsiapa  yang menghidup- hidupkan malam tanggal 27 bulan ramadhan sampai shubuh, maka hal itu lebih aku cintai dari pada malam- malam ramadhan keseluruhannya.”Kata Fatimah ;”Wahai ayah, apa yang seharusnya dilakukan orang-orang lemah, laki-laki maupun wanita yang tidak bisa berdiri!” Lantas beliau saw bersabda;”Tidaklah mereka memakai bantal dan dipakai untuk merebahkan kepala, lalu dia duduk sesaat pada malam itu dan berdoa kepada allah ‘Azza Wa Jalla, kecuali hal itu lebih aku cintai daipada berdirinya umatku pada bulan ramadhan secara keseluruhan.

Dari Aisyah ra. Bahwa nabi saw bersabda :”Barangsiapa yang menghidupkan malam lailatul qadar, shalat dua rakaat dan minta ampun kepada Allah SWT. Pasti Allah mengampuninya. Ia sama dengan terjun ke Rahmat Allah serta malaikat jibril mengusap-usapkan sayapnya, dimana siapa saja yang diusap sayap malaikat jibril tentu masuk surga”.(sumber: rahasia ketajaman mata hati ~ Imam Al Ghazali).
 
AGHAS HIJAOE © 2016. All Rights Reserved
Template by Blogger Theme
Powered by Blogger
Top