MIGRAIN
Tip Ampuh Mencegah Migrain
Tips Ampuh Mencegah Migrain - Migrain adalah salah satu jenis penyakit kepala sebelah yg paling banyak dikeluhkan. Serangan sakit kepala migrain terasa lebih menyiksa dan terkadang datang tiba-tiba. Penderita migrain akan merasakan nyeri dan berdenyut seperti dipukul, ditarik-tarik dan biasanya cenderung lebih sensitif terhadap cahaya dan suara. Hal itu tentu amat mengganggu kesehatan dan bisa menghambat segala aktivitas si penderita.

Penyebab sakit kepala migrain masih menjadi misteri, tetapi ada beberapa pemikiran bahwa ketidakseimbangan dalam sistem saraf, terutama di saraf trigeminal, dapat menyebabkan migrain. Beberapa hal yg dapat memicu migrain di antaranya, kecemasan, depresi, stres, kurangnya makan atau tidur, alkohol, paparan cahaya, suara keras, dan perubahan hormonal (pada wanita)

Migrain dapat menimpa anak-anak maupun orang dewasa. Sebelum pubertas, anak laki-laki dan perempuan sama-sama mempunyai risiko terkena migrain. Tapi setelah pubertas, perempuan lebih mungkin terkena migrain ketimbang laki-laki.

Ada beberapa tips yang dapat kita gunakan untuk mencegah migrain:

1. Jangan kurang tidur:
Kurang tidur dan kebiasaan tidur yg buruk merupakan penyebab utama migrain. Pastikan kita tetap mempertahankan jadwal tidur kita, minimal 7 sampai 8 jam setiap hari. Tetapi kita harus hati-hati, karena tidur yg berlebihan (oversleeping) juga turut berperan dalam memicu migrain kronis.

2. Olahraga teratur:
Olahraga yg teratur dapat mengurangi stres yg secara tidak langsung berkontribusi dalam mengurangi terjadinya migrain. Namun, jangan terlalu memberi porsi berlebihan dalam olahraga & aktivitas fisik, karena hal itu malah bisa menjadi salah satu pemicu migrain. Kita juga dapat mencoba latihan relaksasi seperti yoga atau meditasi.

3. Diet seimbang:
Diet dapat mempengaruhi migrain. Oleh karena itu, makanlah dengan diet seimbang dan hindari kebiasaan menunda-nunda makan. Diet seimbang yg diikuti dengan olahraga teratur dapat membantu menjaga kesehatan & menurunkan berat badan  kita.

4. Cukup minum:
Kurang asupan air, ternyata juga dapat memicu penyakit migrain. Oleh sebab itu, penting untuk  kita  minum air secukupnya setiap hari.

5. Hindari stres:
Stres merupakan salah satu faktor pemicu untuk sakit kepala yg paling sering. Jadi, belajarlah untuk rileks & mengurangi stres. Self-hypnosis & metode relaksasi seperti teknik pernapasan dapat membantu  kita mengurangi serangan migrain.

6. Kurangi konsumsi alkohol dan kafein:
Dengan mengurangi dua jenis minuman ini,  kita dapat mencegah penyakit migrain. Hal yang sama berlaku untuk kebiasaan merokok atau terpapar asap. Untuk mengetahui apa saja makanan dan pemicu migren lainnya, sediakanlah buku catatan kesehatan harian. Dengan buku kesehatan harian,  kita dapat melacak pemicu ketika sakit kepala  kita menyerang dengan melihat apa saja yg  kita makan hari itu. Setelah beberapa minggu,  kita  akan mulai melihat pola yg akan membantu  kita mengidentifikasi makanan yang harus dihindari.(sumber: kompas.com).
 
AGHAS HIJAOE © 2016. All Rights Reserved
Template by Blogger Theme
Powered by Blogger
Top