KELENJAR PARATIROID
Kelenjar paratiroid terdapat 2 pasang, yang biasanya terletak di belakang kelenjar tiroid. Kadang-kadang kelenjar tersebut “terkubur” dalam kelenjar tiroid.

Hormon paratiroid sangat diperlukan untuk pemanfaatan kalsium dan fosfat. Pelepasan hormon ini juga dirangsang oleh hormon yang dihasilkan oleh kelenjar adenohipofisis. Apabila terjadi kekurangan hormon ini, maka kadar kalsium dalam serum turun di bawah kadar normal, sedang kadar fosfat meningkat. Keadaan ini sering terjadi karena secara tidak sengaja pada saat operasi pengankatan kelenjar tiroid, kelenjar paratiroid ikut terangkat.

Kekurangan hormon paratiroid dapat menyebabkan penyakit tetani (bukan tetanus!), yaitu sering timbulnya kontraksi otot sampai alam bentuk kejang-kejang walaupun oleh rangsangan yang sangat lemah pada otot. Penyakit tetanus juga memberikan gejala kejang-kejnag, namun penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri yang mengeluarkan toksin. Biasanya penyakit tetanus timbul sesudah terjadi luka tusuk, walaupun luka sangat kecil. Penderita kekurangan hormon paratiroid, sebaiknya diobati dengan pemberian Hormon paratiroid.(sumber: struktur & fungsi tubuh manusia)

Demikian informasi tentang Kelenjar paratiroid ini di sharekan di Jambogh Kita, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita tentang salah satu organ tubuh kita, yaitu Kelenjar Paratiroid.
 
AGHAS HIJAOE © 2016. All Rights Reserved
Template by Blogger Theme
Powered by Blogger
Top