KELENJAR TIROID
Kelenjar tiroid terdapat dileher, beberbentuk seperti perisai. Untuk membuat hormonnya, yaitu tiroksin (T4) dan tridotironin (T3) diperlukan bahan yodium. Dalam setiap molekul tiroksin terdapat 4 atom yodium dan dalam setiap molekul triodotironin terdapat 3 atom yodium. Dalam keadaan biasa, yodium diperoleh dari air atau makanan. Di daerah yang miskin yodium dalam air tanahnya, kebanyakan penduduk kekurangan yodium untuk membentuk hormon tiroid. Terjadilah pembesaran kelenjar tiroid untuk mengejar kekurangan hormon yang dihasilkan. Pembesaran kelenjar tiroid kita kenal sebagai penyakit gondok.

Karena hormon tiroid mengatur metabolisme, maka apabila kekurangan hormon, penderita menunjukan gejala-gejala bengkak diwajahnya, lamban dalam aktivitasnya dan memunduran kecerdasannya.

Apabila penderita sejak kanak-kanak sudah menderita kekurangan yodium, maka pertumbuhannya pun terganggu. Si anak menjadi kerdil pertumbuhannya. Gejala-gejala yang tampak dapat bermacam-macam, sehingga penyakitnya disebut sebagai gangguan akibat kekurangan lodium (GAKI).

Pelepasan hormon tiroid dirangsang oleh kelenjar adenohipofisis yaitu thyroid stimulating hormone atau hormon tirotrofik. Kadang-kadang oleh kelenjar tiroid dihasilkan hormon berlebihan, sehingga penderita mengalami peningkatan metabolisme. Peningkatan metabolisme dapat menyebabkan peningkatan denyut jantung dan jari-jari bergetar (tremor). Kelebihan hormon tiroid atau hipertiroid kadang-kadang di sertai dengan tanda bola mata melotot. (sumber: struktur & fungsi tubuh manusia)
 
AGHAS HIJAOE © 2016. All Rights Reserved
Template by Blogger Theme
Powered by Blogger
Top