Tampilan Menu Tab View

Cara Membuat Menu Tab View ~ Alhamdulillah, akhirnya menu tab view ini telah berhasil diaplikasikan dan di posting di aghashijaoe hari ini, selasa 29/05/2012. Sebenarnya cukup banyak kita temukan panduan Cara Membuat Menu Tab View ini di berbagai blog, hanya saja masih ada yang bebentuk copy paste, sehingga sahabat blogger yang memiliki panduan tersebut belum tentu sudah berhasil mengaplikasikannya pada blog mereka.

Bagi saya yang masih belajar secara otodidak hal ini sangat penting, saya lebih yakin dengan artikel-artikel yang berupa panduan jika di blog mereka juga ada output (hasil) dari panduan tersebut. Mengenai Cara Membuat Menu Tab View ini, bukanlah hal yang mudah bagi blogger pemula, perlu kehati-hatian dan ketelitian dalam prosesnya, berbagai trik juga sangat diperlukan agar template blog kita nantinya tetap dinamis sepanjang masa.

Trik menambahkan Tab View ini sangat bermanfaat untuk membuat tampilan blog kita lebih rapi, proses loading blog lebih cepat serta memaksimalkan promosi berbagai artikel yang ada di blog kita melalui gadget tambahan. Selain itu para pengunjung tentunya akan lebih mudah menelusuri berbagai informasi yang ada di blog kita dan berpeluang akan mebuka halaman lebih banyak lagi, akhirnya page rank blog kita akan meningkat.

Menu TAB View merupakan gadget tambahan berbentuk tab yang bisa kita isi dengan berbagai konten. Kita dapat menghemat sidebar pada blog kita dengan cara menggunakan tab view ini, sehingga kita tidak perlu menambahkan banyak gadget/widget yang akan mempengaruhi proses loading blog kita menjadi berat.

Bagi sahabat blogger yang beminat, silakan mengikuti langkah-langkah Cara Membuat Menu Tab View di blogspot sebagai berikut:

Silakan langsung login ke blog dengan akun blogger kita, pilih desain/pengaturan. Pastikan kita melakukan backup template terlebih dahulu untuk mengantisipasi terjadinya kesalahan dalam memasukan kode script Cara Membuat Menu Tab View ini.

Selanjutnya:
  • Pilih Tempalte » edit HTML
  • Centang kotak Expand Template widget
  • Cari kode </head>
  • Copy script PERTAMA di bawah ini, lalu pastekan di atas/sebelum kode </head>


  • Klik simpan/save
Langkah selanjutnya adalah meletakkan kode css di bawah ini sebelum kode ]]></b:skin>.


Langkah terakhir dari proses Cara Membuat Menu Tab View adalah:
  • Pilih Tata Letak » Tambah gadget
  • Pilih HTML/Java Script
  • Pastekan kode HTML di bawah ini Ke dalamnya


  • Klik simpan/save
Silakan lihat hasilnya di blog Anda, klik edit untuk menyesuaikan ukuran dan judul tab Width : Lebar Tab, Height : Tinggi Tab, Tab 1 s/d Tab 3 : Judul Tab, Tab 1.1 s/d Tab 3.3 : Isi Konten.

Note: 
Untuk mengedit/menyesuaiakan warna background, jenis hurup, margin dan lain-lain, silakan edit kode CSS yang sudah Anda copy kan di atas ]]></b:skin> sebelumnya. 

Trik ini sedikit berbeda dari kebanyakan panduan para blogger yang ada, trik ini tentunya akan lebih memudahkan bagi kita jika ada yang akan disesuaikan dimasa yang akan datang.

Demikian panduan Cara Membuat Menu Tab View ini di sharekan di Aghas Hijaoe, semoga dapat menambah wawasan serta pengalaman kita di dunia bloging khususnya mengenai Cara Membuat Menu Tab View.
 
AGHAS HIJAOE © 2016. All Rights Reserved
Template by Blogger Theme
Powered by Blogger
Top