Pendidikan Seks Sejak DiniPendidikan seks (sex education) merupakan proses kegiatan yang berlangsung secara dialogis (ngobrol dua arah), realistis (bukan teori saja), jujur, terbuka, dan bukan dikte moral belaka. Pendidikan seks memberi pengetahuan nyata, menempatkan cara melihat seks yang benar, berhubungan denga “rasa penghargaan terhadap diri” (self esteem), penanaman rasa percaya diri, dan difokuskan pada peningkatan kemampuan dalam mengambil keputusan.

Sekurangnya ada enam hal utama yang harus termuat dalam Pendidikan Seks Sejak Dini, yaitu:

  1. Perkembangan manusia, anatomi, reproduksi, dan fisiologi.
  2. Hubungan antar manusia: keluarga, teman, pacaran dan perkawinan.
  3. Kemampuan personal: nilai, pengambilan keputusan, komunikasi dan negosiasi.
  4. Perilaku seksual.
  5. Kesehatan seksual meliputi: kekerasan seksual, pencegahan IMS (Infeksi Menular Seksual), HIV atau AIDS, kontrasepsi.
  6. Budaya dan masyarkat, peran jender, seksualitas dan agama.

Melalui pendidikan seks itu diharapkan kita mendapat pengetahuan yang benar tentang seks, cara melihat dan porsi yang tepat serta mencoba mengubah anggapan negatif tentang seks.

Biasanya kata seks menjadi pangkal perdebatan dalam pendidikan seks, padahal kata seks itu mempunyai arti jenis kelamin yang memberi kita pengetahuan tentang sesuatu sifat atau ciri yang membedakan pria dan wanita.

Pendidikan seks sebaiknya dimulai sejak dini , diberikan sesuai tingkat usia dan perkembangan tubuh, misalnya dengan selalu menjaga kebersihan organ reproduksi, menanamkan kesadaran tentang jenis kelamin dan perbedaan dengan lawan jenis kita. Sejak usia dini kita seharusnya sudah mendapatkan informasi yang benar mengenai seksualitas. Ketika usia kita sampai pada 6-12 tahun sudah bisa belajar tentang

  • Pembuahan ovum oleh sperma.
  • Perbedaan seksual pria dan wanita. 
  • Mengenal dan menghargai seluruh anggota tubuh kita khususnya organ reproduksi.
Dengan pengetahuan tentang seks tersebut diharapkan kita mengerti sejak dini tentang keluarga, tujuan dan kewajiban kita sebagai anggota keluarga yang baik dengan penuh rasa setia, kasih sayang, cinta dan saling menghormati.

"Pendidikan Seks Sejak Dini" adalah salah satu artikel tentang Seksualitas yang disharekan di Jambogh kita, semoga bermanfat untuk menambah wawasan kita khususnya mengenai Pendidikan Seks sejak Dini.

Gambar Datok Aghas Hijaoe Terima kasih sudah membaca “Pendidikan Seks Sejak Dini”, jika sahabat sudah selesai membaca informasi ini, sahabat masih bisa mendapatkan berbagai informasi lainnya di Jambogh Kita. Pastikan sahabat telah menyimpan url (http://www.jamboghkita.com/2012/05/pendidikan-seks-sejak-dini.html) ini sebelum mendapatkan informasi lainnya melalui kotak penelusuran Jambogh Kita berikut ini :

* Gunakan Browser Google Chrome
 
AGHAS HIJAOE © 2016. All Rights Reserved
Template by Blogger Theme
Powered by Blogger
Top