Mengobati Diare Dengan Makan Pisang Yang Cukup

Mengobati Diare Dengan Makan Pisang Yang Cukup - Setiap orang pasti sudah pernah mengalami diare, baik sejak kita masih kecil maupun sudah dewasa. Di Indonesia, sebagian besar diare pada bayi dan anak disebabkan oleh infeksi rotavirus. Bakteri dan parasit juga dapat menyebabkan diare. Organisme-organisme ini mengganggu proses penyerapan makanan di usus halus. Dampaknya makanan tidak dicerna kemudian segera masuk ke usus besar.

Makanan yang tidak dicerna dan tidak diserap usus akan menarik air dari dinding usus. Di lain pihak, pada keadaan ini proses transit di usus menjadi sangat singkat sehingga air tidak sempat diserap oleh usus besar. Hal inilah yang menyebabkan tinja berair pada diare.

Sebenarnya usus besar tidak hanya mengeluarkan air secara berlebihan tapi juga elektrolit. Kehilangan cairan dan elektrolit melalui diare ini kemudian dapat menimbulkan dehidrasi. Dehidrasi inilah yang mengancam jiwa penderita diare.

Penyebab diare selain karena rotavirus, juga bisa terjadi akibat kurang gizi, alergi, tidak tahan terhadap laktosa, dan sebagainya. Bayi dan balita banyak yang memiliki intoleransi terhadap laktosa dikarenakan tubuh tidak punya atau hanya sedikit memiliki enzim laktose yang berfungsi mencerna laktosa yang terkandung susu sapi.

Tidak demikian dengan bayi yang menyusu ASI. Bayi tersebut tidak akan mengalami intoleransi laktosa karena di dalam ASI terkandung enzim laktose. Disamping itu, ASI terjamin kebersihannya karena langsung diminum tanpa wadah seperti saat minum susu formula dengan botol dan dot.

Orang tua berperan besar dalam menentukan penyebab anak diare. Bayi dan balita yang masih menyusui dengan ASI eksklusif umumnya jarang diare karena tidak terkontaminasi dari luar. Namun, susu formula dan makanan pendamping ASI dapat terkontaminasi bakteri dan virus.

Selain itu diare dapat sebagai efek samping dari beberapa obat terutama antibiotik. Bahan-bahan pemanis buatan sorbitol dan manitol yang ada dalam permen karet serta produk-produk bebas gula lainnya ada juga yang bisa menyebabkan diare.

Itulah informasi singkat tentang penyakit diare, kali ini saya akan berbagi pengalaman tentangMengobati Diare Dengan Makan Pisang Yang Cukup yang pernah saya lakukan. Diare yang pernah saya alami pada usia dewasa sekarang ini biasanya disebabkan masuk angin dan mengonsumsi makanan yang asing (*tidak pernah atau jarang dimakan) bagi tubuh saya. Masuk angin dan makanan asing tersebut biasanya langsung menyebabkan tergganggunya proses penyerapan makanan di usus halus. Dampaknya makanan tidak dicerna kemudian segera masuk ke usus besar.

Contohnya:
  1. Saya pernah masuk angin setelah selesai berolahraga, sebabnya pada kondisi pakaian masih basah kena keringat langsung masuk ke ruangan yang dingin/ber AC.
  2. Saya juga pernah makan mie ayam yang terlalu berminyak, terlalu lemak dan juga terlalu pedas.
Dua pengalaman tersebut langsung menyebabkan saya mengalami diare, waktu masih remaja saya juga pernah mengalami hal yang sama sehingga pada usia dewasa saat ini saya hanya Mengobati Diare Dengan Makan Pisang Yang Cukup dan tidak perlu minum obat. Jika sahabat akan mengalami diare dengan dua sebab di atas, dapat mencoba tips dibawah ini sebagaimana yang sudah saya praktekkan.

Cara Mengobati Diare Dengan Makan Pisang Yang Cukup:
  1. Istirahat yang cukup.
  2. Pastikan kita terkena diare setelah buang air besar rutin (terakhir) pada kondisi sehat.
  3. Setelah buang air besar pertama saat diare, konsumsi pisang yang matang sebanyak 3 buah dan minum air putih 2 gelas (+/- 500ml).
  4. Pada jadual waktunya makan, cukup makan nasi putih + sayur bening dan ikan saja, hindari makanan yang berlemak, berminyak dan pedas.
  5. Setiap selesai buang air besar berikutnya, konsumsi kembali pisang sebanyak 2 buah dan minum air putih 2 gelas. Jika diare disebabkan masuk angin, air putih yang diminum harus yang hangat.
  6. Pilih pisang jenis Barangan dan yang tidak terlalu masak, habiskan sebanyak satu sisir. Jika buang air besarnya sudah tidak sering, sisa pisang tetap dimakan sampai habis satu sisir yang dimakan setiap 1 jam 1 buah, dan makan pisang sebelum makan nasi.
  7. Jika kita terkena diare pada pukul 08:00 pagi, usahakan pisang yang kita makan sudah habis satu sisir pada pukul 08:00 pagi esok harinya (+/- 24 Jam).
Demikian informasi “Mengobati Diare Dengan Makan Pisang Yang Cukup” ini di sharekan di Aghas Hijaoe, informasi ini merupakan pengalaman pribadi yang langsung saya alami, semoga bermanfaat untuk menambah wawasan kita.

11 komentar:

  1. nice tip sahabat & sangat bermanfaat, thanks sudah berbagi.

    BalasHapus
  2. baru tahu nih, pisang bisa buat obat diare... trims infonya gan...

    BalasHapus
  3. Info yang berguna untuk menambah wawasan saya..

    makasih

    BalasHapus
  4. sungguh besar manfaat ciptaan tuhan buat manusia,,,

    BalasHapus
  5. baru tahu nih, pisang bisa ngobatin diare...

    BalasHapus
  6. Balasan
    1. Sama-sama sob, jika ada yang herbal sebaiknya hindari penggunaan kimiawi

      Hapus

Dilarang Menyematkan Link Aktif . . .! , Silakan Berkomentar Sesuai "Topik" Dengan Baik Dan Benar (No Porno dan SARA) ya.


Terima Kasih

 
AGHAS HIJAOE © 2016. All Rights Reserved
Template by Blogger Theme
Powered by Blogger
Top