Image 1 Suro
Ritual 1 Suro Merupakan Tradisi Turun Temurun Bagi Masyarakat Jawa - Masa peralihan menuju penanggalan baru Jawa 1 Suro atau tahun baru Islam (1 Muharram) memang kerap dianggap mendatangkan berkah. Bahkan berkembang kepercayaan, berdoa dan tirakat di tempat-tempat bersejarah dan keramat bisa membuat keinginan terkabul.

Bagi masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Malam 1 Suro merupakan malam istimewa. Istimewa, karena malam 1 Suro diyakini saat terbaik untuk mensyukuri hidup dan mawas diri. Tanggal 1 Suro (1 Muharam 1433 Hijriah) tahun ini bertepatan dengan tanggal 15 Nop 2012, seperti tahun-tahun sebelumnya malam 1 Suro akan disambut warga Yogyakarta dengan beragam ritual.

Demikian juga dengan masyarakat yang berada di daerah lainnya, Tradisi Ritual 1 Suro juga akan banyak di lakukan dengan berbagai cara di seluruh nusantara. Pelaksanaan Ritual 1 Suro serta menyambut malam 1 suro pada tahun 2012 ini diyakini akan lebih meriah dan berwarna dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Ada banyak cara atau jenis pelaksanaan Tradisi Ritual 1 Suro ini, diantaranya ada yang berupa sesajen. Bagaimanakah sesajen yang dipersembahkan?, silakan klik cuplikan ritual sesajen di bawah ini:



Demikian sekilas informasi Tradisi Ritual 1 Suro ini di sharekan di Jambogh kita, inti atau tujuan dari pelaksanaan tradisi ritual 1 suro dengan berbagai acara tersebut adalah memohon kebaikan dan keberkahan dari Tuhan Yang Maha Esa. Beberapa sejarah tentang 1 suro ini bisa sahabat kunjungi di:
~ http://www.yanrf.com/blog/5/ritual-menyambut-1-suro-di-desa-srigading
~ http://www.visitjawatengah.com/in/events-calendar/item/1-suro-tradition

Sampai saat ini saya juga masih penasaran dengan Tradisi Ritual 1 Suro ini, bagi sahabat yang telah memiliki pengalaman atau ingin menambahkan serta melengkapinya boleh berbagi di kotak komentar di bawah ini.   

Terima kasih sudah membaca “Tradisi Ritual 1 Suro”, jika sahabat sudah selesai membaca informasi ini, sahabat masih bisa mendapatkan berbagai informasi lainnya di blog  Jambogh Kita . Pastikan sahabat akan meninggalkan halaman “Tradisi Ritual 1 Suro” ini untuk mendapatkan informasi lainnya melalui kotak penelusuran Jambogh Kita berikut ini :



Komentator: Tradisi Ritual 1 Suro

 
AGHAS HIJAOE © 2016. All Rights Reserved
Template by Blogger Theme
Powered by Blogger
Top