Enzim

Enzim Adalah Suatu Biokatalisator Yang Berfungsi Mempercepat Metabolisme - Tubuh kita merupakan laboratorium yang sangat rumit, sebab di dalamnya terjadi reaksi kimia yang beraneka ragam. Penguraian zat-zat yang terdapat dalam makanan kita, peggunaan hasil uraian untuk memperoleh energy, penggabungan kembali hasil uraian untuk membentuk persediaan makanan dalam tubuh serta banyak macam reaksi lain yang apabila dilakukan di dalam laboratorium atau in vitro membutuhkan keahlian khusus serta waktu yang lama. Reaksi atau proses kimia yang berlangsung dengan baik dalam tubuh kita ini dimungkinkan karena adanya katalis dalam tubuh yakni Enzim.

Enzim adalah suatu biokatalisator, yaitu suatu bahan yang berfungsi mempercepat reaksi kimia (metabolisme) dalam tubuh makhluk hidup tetapi zat itu sendiri tidak ikut bereaksi karena pada akhir reaksi terbentuk kembali. Suatu reaksi kimia yang berlangsung dengan bantuan enzim memerlukan energi yang lebih rendah. Jadi enzim juga berfungsi menurunkan energi aktivasi.

Penamaan enzim

Ada dua cara penamaan enzim, yaitu secara sistematis (berdasarkan atas reaksi yang terjadi) dan trivial (nama singkat). Enzim diberi nama sesuai dengan substratnya (zat yang diubah menjadi sesuatu yang baru), lalu diberikan akhiran ase seperti contoh di bawah ini:
  • Enzim selulase, adalah enzim yang dapat menguraikan selulosa.
  • Enzim lipase, menguraikan lipid atau lemak.
  • Enzim protease, menguraikan protein.
  • Enzim karbohidrase, menguraikan karbohidrat.
Karbohidrase merupakan suatu kelompok enzim. Di dalamnya termasuk amilase, menguraikan amilum menjadi maltosa dan maltase, menguraikan maltosa menjadi glukosa. .

Karakteristik Utama Enzim ada tiga, yaitu:
  1. Pertama, meningkatkan laju reaksi seluler. Berkat enzim, kebanyakan reaksi seluler berlangsung satu juta kali lebih cepat daripada tanpa kehadiran enzim.
  2. Kedua, enzim bekerja secara khusus hanya dengan reaktan tertentu (disebut substrat) untuk menghasilkan produk. Enzim mengikat untuk sementara satu atau lebih reaktan untuk menurunkan jumlah energi aktivasi yang diperlukan sehingga mempercepat reaksi.
  3. Ketiga, yang paling luar biasa adalah enzim diatur dari keadaan aktivitas rendah ke aktivitas tinggi dan sebaliknya.
Sebuah sistem hidup mengontrol aktivitasnya melalui enzim. Ada sekitar 3.000 enzim yang secara genetik diprogram untuk memelihara kelangsungan hidup. Jika satu enzim saja hilang atau rusak, dampaknya bisa terjadi bencana pada metabolisme tubuh.

Metabolisme adalah suatu reaksi kimia yang berlangsung dalam tubuh makhluk hidup (reaksi biokimia). Pengertian ini mencakup dua hal yaitu katabolisme dan anabolisme. Untuk berlangsungnya dua reaksi tersebut diperlukan suatu aktivator yaitu Enzim.

0 komentar:

Posting Komentar

Dilarang Menyematkan Link Aktif . . .! , Silakan Berkomentar Sesuai "Topik" Dengan Baik Dan Benar (No Porno dan SARA) ya.


Terima Kasih

 
AGHAS HIJAOE © 2016. All Rights Reserved
Template by Blogger Theme
Powered by Blogger
Top