Asam Urat Akut

Atasi Asam Urat Dan Komplikasinya Dengan Terapi Enzim – Penyakit asam urat sekarang ini telah menjadi penyakit yang sering kita dengar dan dialami khususnya mereka yang berusia 30 tahun ke atas. Jika sedang meradang, rasa sakitnya sangat dirasakan para penderitanya.

Nah, apa sebetulnya gejala asam urat dan bagaimana terapi enzim dapat membantu meringankan penyakit asam urat ini? Simak wawancara CNI dengan Prof. Chau Chi Fai, seorang pakar enzim dari Taiwan.

Asam Urat

Asam Urat adalah endapan kristal sisa pembuangan yang ditandai dengan rasa nyeri di tubuh, terutama di jari kaki. Asam urat diproduksi karena tingginya tingkat purin, zat yang terdapat pada banyak jenis makanan. Asam urat dibawa oleh aliran darah ke ginjal, dan dapat dbuang saat kita buang air kecil.

Penyebab Asam Urat

Faktor terbesar dari asam urat adalah mengonsumsi minuman beralkohol dan makanan yang mengandung kandungan purin tinggi. Berikut tabel makanan yang mengandung purin:

Nama Makanan Purin (mg/100)
Nama Makanan Purin (mg/100)
Teobromin (Kafein Cokelat 2300
Udang 234
Limpa Domba/Kambing 773
Biji Melinjo 222
Hati sapi 554
Daging Kuda 200
Ikan Sarden 480
Kedelai & Kacang-Kacangan 190
Jamur Kuping 448
Dada Ayam Dengan Kulit 175
Limpa Sapi 444
Daging Ayam 169
Daun Melinjo 366
Daging Angsa 165
Paru-Paru Sapi 339
Lidah Sapi 160
Kangkun & Bayam 290
Ikan Kakap 160
Ginjal Sapi 269
Tempe 141
Jantung Sapi 256
Daging Bebek 138
Hati Ayam 243
Kerang 136
Jantung Domba/Kambing 241
Udang Lobster 118
Ikan Teri 239
Tahu 108

Gejala Seseorang Terkena Asam Urat

Gejala-gejala asam urat dibagi menjadi 3 fase:

Pertama, tahap artritis gout akut atau peradangan asam urat akut. Pada tahap ini penderita akan mengalami serangan artritis yang khas dan serangan tersebut akan menghilang tanpa pengobatan dalam waktu 5-7 hari. Karena cepat menghilang, maka penderita sering menduga kakinya keseleo atau kena infeksi sehingga tidak menduga terkena penyakit asam urat dan tidak melakukan pemeriksaan lanjutan.

Kedua, tahap atritis gout akut intermiten. Setelah melewati masa gout interkritikal selama bertahun-tahun tanpa gejala berarti, penderita akan sering mendapat serangan (kambuh) yang jarak antara serangan satu dan berikutnya makin rapat, lama, panjang, serta jumlah sendi yang terserang makin banyak. Penanganan pada tahap kedua ini tentu akan lebih sulit ketimbang pada tahap pertama.

Ketiga, tahap atritis gout kronik bertofus. Tahap ini terjadi bila penderita telah menderita sakit selama 10 tahun atau lebih. Pada tahap ini akan terjadi benjolan-benjolan di sekitar sendi yang sering meradang yang disebut sebagai tofus. Tofus ini akan mengakibatkan kerusakan pada sendi dan tulang disekitarnya. Tofus pada kaki bila ukurannya besar dan banyak akan mengakibatkan penderita tidak dapat menggunakan sepatu lagi.

Terapi Enzim Ditengarai Bisa Menjadi Salah Satu Solusi Mengatasi Penyakit Asam Urat

Penelitian di dunia medis barat mengatakan bahwa enzim protease adalah enzim yang berguna untuk memecah protein asam urat. Jika tubuh kita kekurangan protease, maka sistem pencernaan tidak memungkinkan untuk menyerap protein apapun. Salah satu jenis enzim protease adalah enzim bromelain. Selain dapat membantu penyerapan protein, enzim ini juga dapat mengurangi inflamasi (peradangan) pada asam urat.

Cara Mencegah Dan Menangani Penyakit Asam Urat
  1. Olahraga cardio setiap hari selama 30 menit. Jalan kaki, aerobik, maraton termasuk dalam jenis olahraga cardio.
  2. Hindari minuman beralkohol dan makanan yang mengandung tinggi purin.
  3. Perbanyak minum air putih,
  4. Konsumsi Makanan yang mengandung Enzim.

0 komentar:

Posting Komentar

Dilarang Menyematkan Link Aktif . . .! , Silakan Berkomentar Sesuai "Topik" Dengan Baik Dan Benar (No Porno dan SARA) ya.


Terima Kasih

 
AGHAS HIJAOE © 2016. All Rights Reserved
Template by Blogger Theme
Powered by Blogger
Top