Dalil Tentang Jin Qarin (Pendamping) Manusia

Dalil Tentang Jin Qarin Atau Pendamping Manusia - Jin Qorin (teman/ yang menyertai) adalah jin yang selalu menyertai manusia sejak lahir sampai datangnya kematian. Karena selalu menyertai/mendampingi, Qorin inilah yang mengetahui benar tentang karakter, kebiasaan dan kepribadian tuan/manusia yang disertainya. Bukan menjadi satu keanehan bila Qorin manusia sanggup menjawab berbagai hal yang bersifat pribadi, kebiasaan serta bisa meniru gaya, perilaku bahkan menyamar menyerupai wajah orang yang disertainya ketika hidup.

Dalil Tentang Qarin (قرِيْنَ) Yang Mendampingi Manusia

Rasulullah SAW dalam sabdanya telah menegaskan mengenai eksistensi Qorin Manusia ini, salah satunya adalah:

"Tidaklah seorang pun dari kalian kecuali telah ditetapkan JIN yang menyertai-nya" (HR. Muslim dan Ahmad).

Jin Qorin (teman, menyertai) Manusia adalah yang ditugasi untuk mendampingi setiap manusia dengan tugas menggoda dan menyesatkan. Karena itu, qorin termasuk setan dari kalangan jin. Sesuai sabda Nabi Muhammad SAW:

“Setiap orang di antara kalian telah diutus untuknya seorang qorin (pendamping) dari golongan jin.” [HR. Muslim]

Terkait dengan dua Dalil Tentang Qarin di atas, Imam An-Nawawi mengatakan, “Dalam hadis ini terdapat peringatan keras terhadap godaan jin qorin dan bisikannya. Nabi Muhammad SAW memberitahukan bahwa dia (Qarin) bersama kita, agar kita selalu waspada sebisa mungkin (Syarh Shahih Muslim, 17:158).

Di dalam Al-Qur’an juga terdapat 6 ayat yang menerangkan tentang keberadaan قرِيْنَ - Qarin (pendamping, teman, yang menyertai) Manusia Sebagai berikut:
  • Dan (juga) orang-orang yang menafkahkan harta-harta mereka karena riya kepada manusia, dan orang-orang yang tidak beriman kepada Allah dan kepada hari kemudian. Barang siapa yang mengambil sayitan itu menjadi teman-nya, maka syaitan itu adalah teman yang seburuk-buruknya. (Q.S. 4 [An-Nisa]: 38)
  • Berkatalah salah seorang di antara mereka: "Sesungguhnya aku dahulu (di dunia) mempunyai seorang teman, (Q.S. 37 [As-Shaaffaat]: 51)
  • Barang siapa yang berpaling dari pengajaran Tuhan Yang Maha Pemurah (Al Qur'an), Kami adakan baginya syaitan (yang menyesatkan) maka syaitan itulah yang menjadi teman yang selalu menyertainya. (Q.S. 43 [Az-Zukhruf]: 36)
  • Sehingga apabila orang-orang yang berpaling itu datang kepada Kami (di hari kiamat) dia berkata: "Aduhai, semoga (jarak) antaraku dan kamu seperti jarak antara masyrik dan magrib, maka syaitan itu adalah sejahat-jahat teman (yang menyertai manusia)". (Q.S. 43 [Az-Zukhruf]: 38)
  • Dan yang menyertai dia berkata: "Inilah (catatan amalnya) yang tersedia pada sisiku". (Q.S. 50 [Qaaf]: 23). Khusus Ayat ini Lafaz Qarin (teman/pendamping) mengarah kepada Malaikat (*silakan baca mulai ayat 17), ayat ini pula yang mendasari adanya pendapat bahwa Qarin (teman/pendamping) manusia ada dari golongan Jin Dan Malaikat.
  • Yang menyertai dia berkata (pula): "Ya Tuhan kami, aku tidak menyesatkannya tetapi dialah yang berada dalam kesesatan yang jauh". (Q.S. 50 [Qaaf]: 27)
Note:
Qarin inilah yang sering disebut sebagai Khodam Pendamping bagi praktisi supranatural.

Demikian ulasan singkat Datok Aghas Hijaoe tentang Dalil Qarin (teman/ yang menyertai) yang mendampingi manusia, “Berdasarkan perenungan terhadap berbagai dalil dari Alquran dan sunah, dapat disimpulkan bahwa tidak ada tugas bagi jin qorin selain menyesatkan, mengganggu, dan membisikkan was-was. Godaan jin qorin ini akan semakin melemah sesuai tingkatan iman seseorang.


0 komentar:

 
AGHAS HIJAOE © 2016. All Rights Reserved
Template by Blogger Theme
Powered by Blogger
Top