Kunyit Bermanfaat Bagi Kesehatan

Kunyit Sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan Dan Mencegah Berbagai Penyakit - Manfaat kunyit untuk kesehatan sudah tidak terbantahkan lagi, kunyit memiliki berbagai nutrisi sehat yang dibutuhkan tubuh manusia. Kunyit merupakan rempah-rempah yang sering digunakan untuk memberikan warna alami pada makanan menjadi kuning. Lebih dari itu, kunyit ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Kunyit juga adalah salah satu rempah yang sangat banyak terdapat di Indonesia, bahkan tidak sedikit yang menjadikannya sebagai herbal untuk pengobatan tradisional. Oleh karena manfaat tanaman/rempah ini, tidak heran jika kunyit tidak hanya untuk masakkan melainkan juga untuk kesehatan.

Berikut beberapa Manfaat Kunyit yang sudah dipublikasikan melalui situs kompas.com pada tanggal 21 oktober 2014 oleh Dian Maharani.

Kunyit Meredakan Sakit Perut

Rasa mulas atau sakit perut dapat hilang dengan mengosumsi kunyit? Berdasarkan sebuah penelitian tahun 1989, suplemen yang berasal dari kunyit ternyata lebih efektif untuk mengatasi perut mulas dan gejala gangguan pencernaan dibandingkan pemberian plasebo.

Kunyit Mampu Mencegah Serangan Jantung

Kunyit mengandung kurkumin. Zat inilah yang dinilai ada di balik banyaknya manfaat kunyit bagi kesehatan. Sebuah studi tahun 2012 meneliti kandungan kurkumin pada kunyit yang dinilai mampu mencegah serangan jantung. Penelitian ini diikuti 121 pasien yang menjalani operasi bypass jantung antara tahun 2009 dan 2011.

Tiga hari sebelum operasi, sebagian pasien meminum kapsul kurkumin, sementara sisanya meminum pil plasebo. Hasilnya, 30 persen pasien yang diberi pil plasebo mengalami serangan jantung, dan hanya 13 persen pasien yang meminum kurkumin mengalami serangan jantung. Meski kurkumin tidak digunakan sebagai pengganti obat-obatan, peneliti menemukan bahwa kurkumin sebagai antioksidan dan anti-inflamasi membuat pasien yang operasi bypass lebih rendah 65 persen terkena serangan jantung.

Kunyit Mencegah Diabetes

Berdasarkan hasil studi 2012, meminum kapsul kurkumin juga dinyatakan dapat menunda seseorang pradiabetes menjadi diabetes tipe 2. Lebih dari sembilan bulan, peserta penelitian diberikan suplemen kurkumin atau kapsul plasebo. Hasilnya, hanya lebih dari 16 persen dari orang yang mengosumsi pil plasebo didiagnosis dengan diabetes tipe 2.

Kunyit Melawan Kanker

Khasiat kunyit dapat menyembuhkan kanker bukan hal yang baru kita dengar. Penelitian terhadap hewan telah menunjukkan bahwa kandungan kurkumin pada kunyit dapat memerangi penyakit kanker.

Kurkumin dapat mengganggu pertumbuhan atau perkembangan sel kanker. Kurkumin juga dipercaya dapat mencegah penyebaran sel kanker. Menurut American Cancer Society, kurkumin bahkan mampu membunuh sel-sel kanker, mengecilkan tumor, serta meningkatkan efek kemoterapi pada hewan. Namun, penelitian pada manusia masih tahap awal.

Kunyit Melindungi Fungsi Otak

Dalam penelitian terbaru, peneliti menemukan ar-turmeron atau turmeron aromatik yang juga terdapat pada kunyit dapat membantu perbaikan sel-sel batang di otak. Studi ini meneliti efek ar-turmeron pada tikus terhadap suatu sel punca yang juga ditemukan dalam otak orang dewasa. Sel punca ini berkaitan dengan pemulihan penyakit neurodegenerative seperti stroke dan alzheimer. Temuan ini menunjukkan, ar-turmeron berpotensi menjadi obat untuk penyakit yang menyerang otak itu. Studi terbaru pun menunjukkan bahwa konsumsi kunyit dapat meningkatkan ingatan pasien alzheimer.

Kunyit Mengurangi Nyeri Sendi

Manfaat kunyit juga telah diteliti terhadap seseorang yang mengalami nyeri sendi. Peneliti menemukan bahwa manfaat suplemen dari ekstrak kunyit sama dengan obat ibuprofren yang dapat mengurangi nyeri pada sendi penderita osteoarthritis lutut.

Manfaat kunyit untuk kesehatan memang sangat banyak sekali, mari manfaatkan kunyit untuk meningkatkan fungsi tubuh dan kesehatan kita. Cara penggunaannya dapat dilakukan dengan berbagai hal seperti dalam bumbu masakan, bubuk, direbus, atau jika bisa dapat dimakan langsung . Namun demikian, demi memaksimalkan mendapatkan manfaat serta pengobatan, sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu kepada dokter yang lebih berpengalaman.

0 komentar:

 
AGHAS HIJAOE © 2016. All Rights Reserved
Template by Blogger Theme
Powered by Blogger
Top